Pengertian Server

Pengertian Server


Postingan yang pertama kali ini saya akan membahas pengertian server, jenis server dan fungsi server. Mungkin kalian sudah sering mendengar apa sih server itu? Nah ini adalah manfaat blog komputer 38 untuk memberi informasi yang berkaitan dengan komputer, jaringan dan lainnya. Langsung saja kita ke topik utama.

Definisi Server 

Server adalah perangkat jaringan yang memberikan layanan terhadap pengguna dengan handal dan harus bisa melakukannya setiap saat. Istilah lain server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server harus disesuaikan dengan hardware jaringan yang lainnya, aktivitas bisnis yang dilakukannya, jumlah pengguna yang dilayaninya, juga harus dilengkapi dengan software yang mendukung kinerja hardware secara optimal, handal, dan terjamin. 
Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar juga dilengkapi  dengan sistem operasi khusus, yang disebut dengan sistem operasi jaringan (network operating system).

Jenis Server

Ada tiga jenis server yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut. 
  • Server aplikasi (application server)
Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client. 
  • Server data 
Server jenis ini digunakan untuk menyimpan berbagai data, baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. Data ini dapat diakses oleh client melalui aplikasi yang ada di server. 
  • Server proxy
Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke internet. 

Fungsi server

Server juga memiliki fungsi fungsi tersendiri, Fungsi server adalah sebagai berikut.
  • Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
  • Memeriksa autorisasi
  • Menjamin tidak terjadi pelanggaran integrity
  • Melakukan query/pemrosesan update dan memindahkan respons ke client
  • Memelihara data dictionary.
Mungkin cukup sekian postingan saya tentang pengertian server semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr wb

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel