Jaringan Komputer yang harus kalian ketahui

Jaringan Komputer yang harus kalian ketahui


Jaringan komputer

A. Pengertian Jaringan Komputer


Kalian pasti pernah mendengar jaringan komputer. Apa sih jaringan komputer itu? Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan yang lain menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi aplikasi dan perangkat keras secara bersama-sama. Tujuan di bentuknya jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau menerima disebut dengan client dan yang memberi atau melayani adalah server. Sistem ini biasa disebut dengan sistem client-server. Sistem ini banyak digunakan di hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.


Baca juga :
• Sistem operasi jaringan• Cara cek IP address di komputer dan laptop

B. Manfaat jaringan komputer


Berbicara tentang manfaat, sebuah jaringan komputer terdapat banyak sekali manfaat yang ada, manfaat tersebut antara lain adalah :
  • Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui jaringan, semisal jaringan internet. 
  • Dapat menghemat biaya. Dengan adanya jaringan komputer sobat dapat menekan biaya untuk membeli perangkat peripheral, karena sumber daya yang ada bisa dibagi dan digunakan secara bersama-sama. Salah satu contoh apabila kita mempunyai satu buah printer. Printer tersebut dapat digunakan oleh banyak user atau pengguna. Jadi kalian tidak perlu memiliki satu printer untuk satu komputer. 
  • Melalui jaringan komputer kita dapat melakukan proses dengan cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer bisa membantu seseorang untuk berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah. 
  • Menjaga informasi agar tetap up-to-date dan andal. Dengan membuat jaringan komputer dengan sistem penyimpanan data yang terpusat dan dikelola sangat baik oleh server, maka pengguna dapat mengakses data tersebut di berbagi tempat yang berbeda, dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut diproses. 
  • Pengguna dapat mengirim teks, gambar, audio maupun video secara real-time dengan bantuan jaringan komputer. 
  • Kita dapat mengakses berita ataupun informasi secara mudah dengan internet karena internet juga termasuk jaringan komputer. 
  • Dapat mengakses data dari komputer lain
  • Dapat disimpan atau dicopy ke beberapa komputer lain sebagai strategi backup data. 
  • Administrator jaringan dapat mengontrol data sehingga keamanan data dapat lebih terjamin.

C. Jenis-jenis jaringan komputer


Jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi 5, yaitu :

1. Jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis

  • LAN (Local Area Network), adalah jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam satu lokasi dengan area yang terbatas seperti ruang atau gedung dengan area maksimal 10km. 
  • MAN (Metropolitan Area Network), adalah jaringan LAN satu dengan LAN yang lain yang dipisahkan oleh lokasi yang cukup jauh dengan jangkauan antara 10-50km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel atau tidak dilengkapi dengan element switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi simple. 
  • WAN (Wide Area Network), adalah jaringan yang jangkauan geografisnya sangat luas. Semisal sebuah negara bahkan benua sekaligus. WAN biasanya menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain walaupun berbeda lokasi. 

2. Jaringan komputer berdasarkan fungsinya

  • Jaringan komputer client-server
Jaringan ini terdiri atas satu atau lebih komputer server maupun client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Server berfungsi menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya tersebut. 

Kelemahan dari jaringan ini adalah sebagai berikut. 

a. Biaya mahal karena memerlukan komputer yang berkemampuan tinggi untuk dijadikan server

b. Kelancaran jaringan sangat bergantung pada komputer server, jika server mengalami gangguan maka jaringan akan terganggu. 
  • Jaringan peer-to-peer
Dalam jaringan ini, komputer server dan komputer client memiliki kedudukan yang sama, client bisa menjadi server dan sebaliknya. 

Keunggulan jaringan ini adalah sebagai berikut. 

a. Hak akses semua komputer sama rata

b. Biaya lebih murah karena tidak memiliki indikator tertentu untuk komputer server. 

c. Kelancaran jaringan tidak terganggu satu sama lain. 

Kelemahan jaringan ini adalah sebagai berikut. 

a. Troubleshooting jaringan lebih rumit karena komputer yang terhubunh memungkinkan terlibat komunikasi. 

b. Sistem keamana jaringan ditentukan oleh masing-masing pengguna dengan mengatur fasilitas keamanan yang dimiliki. 

c. Data terbesar pada masing-masing komputer maka backup data dilakukan pada masing-masing komputer. 

3. Jaringan komputer Berdasarkan topologi jaringan yang digunakan

Topologi jaringan komputer adalah bentuk atau struktur yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Ada beberapa macam topologi yang digunakan dalam jaringan komputer diantaranya adalah sebagai berikut. 
  • Jaringan komputer dengan topologi bus
  • Jaringan komputer dengan topologi ring
  • Jaringan komputer dengan topologi mesh
  • Jaringan komputer dengan topologi star
  • Jaringan komputer dengan topologi tree

4. Jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber/informasi data

  • Jaringan terpusat
Yang dimaksud dari jaringan ini adalah jaringan yang terdiri dari komputer server dan client. Dimana client berfungsi sebagai perantara dalam mengakses sumber daya/informasi data yang berasal dari komputer server
  • Jaringan Terdistribusi 
Jaringan ini merupakan perpaduan antar beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client bisa terhubung dan membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

5. Jaringan komputer berdasarkan media transmisi data

  • Jaringan berkabel (Wired Network) 
Jaringan ini menggunakan kabel sebagai medianya. Kabel tersebut berfungsi sebagai penghubung antar komputer guna bertukar informasi/data maupun untuk terhubung dengan internet. Contoh dari media jaringan berkabel adalah kabel utp. 
  • Jaringan nirkabel (Wireless network) 
Jaringan ini biasa disebut dengan Wi-Fi. Jaringan ini  berbeda dengan jaringan berkabel, jaringan ini tidak menggunakan kabel (nirkabel). Media transmisi dari jaringan nirkabel adalah gelombang elektromagnetik , gelombang elektromagnetik ini berfungsi untuk mengirim maupun menerima data dari komputer lain. Wireless adapter adalah salah satu media transmisi yang digunakan untuk jaringan nirkabel. 

Nah mungkin cukup sekian postingan saya tentang jaringan komputer yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 

7 Responses to "Jaringan Komputer yang harus kalian ketahui"

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel