Pengertian software, fungsi dan contohnya lengkap

Pengertian software, fungsi dan contohnya lengkap


Pengertian software, fungsi dan contohnya

Pengertian software, fungsi dan contohnya lengkap.  Kalian pasti pernah mendengar tentang software bahkan sering mengucapkan kata software tapi apakah kalian tau apa arti software? Beriut akan saya jelaskan sedikit tentang pengertian software dan fungsinya. 

A. Pengertian software


Software biasa disebut juga dengan perangkat lunak. Hal itu sangat Berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras bisa disentuh dan di lihat langsung oleh manusia namun jika perangkat lunak itu tidak terlihat namun bisa digunakan atau dioperasikan. 

Pengertian software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan pada komputer dan biasanya data elektonik tersebut berbentuk intruksi maupun program yang nantinya berfungsi untuk menjalankan suatu perintah di komputer. Beberapa software juga dapat menjadi penggerak dan pengontrol hardware. Dan juga bisa memaksimalkan kinerja dari hardware komputer. 

Para pemrogram atau Programmer membuat atau menulis sebuah bahasa pemrograman dan yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kumpulan kode dan kode kode tersebut akan dikenali oleh mesin hardware dan jadilah sebuah software yang dapat digunakan oleh user.

Software sistem operasi merupakan salah satu inti dari sebuah komputer. Jika tidak ada sistem operasi maka komputer tersebut tidak akan bisa menampilakan visual. Perangkat lunak seperti sistem operasi pasti tersimpan di partisi C sehingga pada saat sitem operasi bermasalah pasti partisi C lah yang akan terkena imbasnya.

Sebenarnya tidak hanya sistem operasi saja yang terletak di partisi C namun software lain pun terinstal ada berada di partisi C sehingga jika software tersebut tidak digunakan maka bisa di uninstal dan atau diinstal ulang. 

B. Fungsi software


Software memiliki banyak fungsi yang harus kalian ketahui, supaya kalian tidak hanya bisa menyebutkan kata software namun mengerti apa arti software dan fungsi software. 

Berikut akan saya sajikan beberapa fungsi software secara umum. 
  • Software berfungsi mengidentifikasi program. Maksudnya adalah software dapat melakukan pengecekan informasi dari beberapa program dan tidak hanya itu software juga dapat memberikan informasi tentang hardware. 
  • Software berfungsi sebagai penghubung antar satu software dengan software yang lain dengan hardware. 
  • Software berfungsi sebagai penerjemah terhadapa beberapa software dalam setiap intruksi dan akhirnya bisa dibaca oleh hardware. 
  • Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer. 
Namun jika dibagi dalam beberapa bagian, software memiliki tiga fungsi. 

1. Sistem operasi


Sistem operasi Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai  pengendali beberapa komponen yang terdapat pada komputer. Banyak sistem operasi yang tersebar dimana mana. Dibawah ini adalah contoh dari sistem operasi. 


A. Microsoft Windows

Microsoft Windows atau biasa disebut dengan windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh bill gates dan windows merupakan sistem operasi yang berbasis GUI (graphicla user interface).

B. Unix

Unix merupakan sistem operasi yang biasanya digunakan guna workstation atau server dan sistem operasi ini bisa menjalankan lebih dari satu program atau sering disebut dengan multi tasking. Tidak hanya itu sistem operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie ini bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna atau sering disebut dengan multi user. 

C.  Linux

Linux adalah sistem operasi pengembangan dari sistem operasi Unix. Linux adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Torvalds. Linux merupakan sistem operasi yang berbasis command line interface atau CLI.

D. Mac OS

Mac Os ialah sistem operasi yang di buat dan dikembang oleh apple computer. Dan sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan interface GUI pertama kali. 

2. Program aplikasi


Program aplikasi adalah perangkat lunak yang tidak terkait dengan hardware atau hanya berguna bagi pengguna. Contoh dari program aplikasi adalah sebagai berikut. 

A. Microsoft office

Microsoft office adalah salah satu perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh perkantoran. Perangkat lunak ini dapat digunakan disistem operasi windows dan mac os. 

B. Adobe Photoshop 

Adobe Photoshop merupakan software besutan dari adobe system yang bekerja dibidang editor gambar dan foto. Software ini banyak digunakan oleh fotografer guna memperindah atau mengedit gambar agar lebih indah.

C. Google chrome

Google chrome adalah software yang berfungsi untuk berselancara di internet. Chrome merupakan software buatan asli dari google dengan menggunakan mesin rendering WebKit.

3. Program bantu (Utility) 


Program bantu atau utility adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengatur dan mengontrol hardware. Bahkan gamers sering memaksimalkan kinerja hardware dengan beberapa program utilty untuk mencapai performa yang diinginkan. Program utility masih berkaitan dengan hardware atau berfungsi untuk memberikan intruksi kepada hardware untuk melakukan sesuatu. Dan berikut adalah contoh program Utility.

A.  Anti virus

Anti virus adalah sebuah program utility yang bekerja dibidang keamanan atau proteksi terhadap suatu ancaman virus yang berada dikomputer. Dan juga melakukan scaning serta melakukan perbaikan jika suatu file terdapat virus yang nantinya virus itu dapat menyebar kedalam software yang lain dan membuat kerusakan. Beberapa orang mungkin tidak tahu apa isi file yang mereka download diinternet, bisa jadi file tersebut berisi file yang ada virusnya. Untuk mencegah darinserangan virus maka kalian harus download program utility anti virus yang banyak tersedia di google. Contoh dari software utility adalah Avast, Smadav dan yang lainnya. 

B. Winamp

Winamp adalah sebuah program bantu yang berfungsi sebagai pemutar audio yang di berada didalam komputer dan mengeluarkan output suara. Winamp juga tersedia digoogle secara gratis atau termasuk dalam freeware. 

C. Windows media player  

Windows media player, berbeda dengan winamp yang hanya khusus berada dibidang audio. Windows media player buatan Microsoft ini bisa membuka berbagai file media, seperti video, audio bahkan foto juga bisa dibuka dalam software ini. Biasanya software ini sudah langsung tersedia di sistem operasi windows tanpa harus mendownload. 

Nah itulah postingan sederhana saya yang dirangkum dari berbagai sumber. Mungkin sekian terlebih dahulu semoga postingan tentang pengertian software, fungsi dan contohnya lengkap. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel