Pengertian modem, fungsi modem dan jenis jenis modem

Pengertian modem dan fungsi modem


Pengertian modem, fungsi modem dan jenis-jenis modem

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern dan teknologi yang semakin modern. Kita semua pasti membutuhkan informasi tentang semua hal, baik itu berita yang masih tenar maupun segala hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Nah zaman sekarang ini sering disebut dengan zaman digital. Maksudnya adalah semua hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari hari pasti berkaitan dengan digital (seperti laptop). Nah untuk mendapatkan suatu informasi haruslah ada akses internet guna membuka informasi yang diinginkan. 

Media internet pun beragam macamnya, misal wifi dan modem. Nah kali ini saya akan membahas satu media internet yang pasti kalian pernah mendengarnya, yaitu modem. Berikut saya akan menjelaskan sedikit tentang modem, bisa di simak dengam baik. 

Pengertian modem


Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Yang mana dua kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap di kirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang berfungsi memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima, yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik
.
Modem adalah penggabungan dari dua alat tersebut yang artinya modem adalah suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah pada umumnya memakai bagian yang disebut modem, seperti microwave radio dan sebagainya.

Fungsi Modem


Modem berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Akan tetapi secara teori Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog. Perubahan sinyal tersebut dilakukan oleh modem. Kemudian, sinyal dari modem yang berupa sinyal analog dikirim dan ditransmisi menggunakan kabel telepon guna dihubungkan ke komputer lain dan sebaliknya sehingga komputer akan menghubungkan komputer dengan internet.

Jenis-jenis modem


Banyak jenis - jenis modem yang ada pada saat ini, jenis modem dapat dibedakan berdasarkan pemasangannya dan jaringannya. jika berdasarkan pemasangannya modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal sedangkan berdasarkan jaringannya modem bisa dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel.
  • Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
  • Modem Eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
  • Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya (contoh: TV kabel dan jaringan telepon)
  • Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh: modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain)

Adapun jenis-jenis modem yang lainnya adalah sebagai berikut. 
  • Modem ADSL. Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya, tidak disarankan untuk mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
  • Modem CDMA yaitu modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.
  • Modem Satelit Adalah Modem Yang Saling Berkomunikasi Dengan ISP Dengan Bantuan Satelit Yang Menghubungkan Antara Terminal Satelit Yang Terhubung Ke Modem

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pengertian modem, fungsi modem dan jenis-jenis modem.  Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel