Pengertian open source dan contohnya lengkap

Pengertian open source dan contohnya

Pengertian open source dan contohnya lengkap


Dalam sebuah komputer pastilah terdapat sistem operasi dan juga software yang mendukung kinerja dari hardware maupun software yang digunakan untuk kegiatan sehari hari. Misal saja dalam sistem operasi windows pastilah memasang software microsoft nah software Microsoft ini sebelum kalian dapat menggunakannya, kalian harus membayar uang yang telah ditentukan oleh pihak pengembang sistem tersebut disebut dengan sistem berbayar.
Nah tidak hanya sistem berbayar saja namun ada juga tipe software yang open source, nah pas sekali kali ini saya akan membahas tentang open source dan contohnya lengkap. 

Pasti kalian pernah mendengar kata open source, kata itu mungkin sering terdengar bagi orang yang bergelut dengan programming maupun dunia komputer. Sekarang saya akan menjelaskan sedikit apa itu open source.

Pengertian open source


Open source adalah sebuah lisensi pengembangan yang pengelolaanya tidak dikoordinasi oleh seorang individu semata maupun sebuah lembaga pusat namun open source merupakan pengembangan dari beberapa pengguna yang saling bekerja sama dalam penggunaan source code (kode sumber) yang tersedia bebas dan dapat diakses maupun dimodifikasi oleh semua orang.

Pengertian lain menyebutkan bahwa open source adalah sebuah istilah yang digunakan oleh perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau membuka source code nya untuk dapat dilihat oleh user atau penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk melihat bagaimana cara kerja software tersebut. Tidak hanya itu pengguna juga dapat memodifikasi maupun memperbaiki agar lebih baik lagi. Kebebasan untuk berkarya sangat dijunjung tinggi oleh pola open source. Pengguna dapat berkarya tanpa adanya intervensi untuk mempelajari, mengubah, mengutak-atik, menambah bagian tertentu, memperbaiki atau menyatakan bahwa sebuah source code memiliki kesalahan.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan bebas menyebarkan software open source untuk orang lain. Ataupun software yang telah dimodifikasi agar orang lain bisa melihat karyanya. Namun tidak hanya menyebarluaskan namun di-iringi juga sikap tanggung jawab penuh dan tidak asal-asalan dalam memodifikasi.

Contoh open sorce


Contoh dari open source sangatlah beragam, seperti sistem operasi, maupun software dan dibawah ini akan saya jelaskan berbagai macam contoh open source
  • Sistem operasi open source : Ketahuilah bahwa sistem operasi pun ada yang berbentuk open source, misalnya adalah Linux. Linux sendiri memiliki beberapa jenis varianya, seperti Redhat, Debian, Mandrake, SuSe dan SlackWare. 
  • Perangkat lunak editor gambar dan foto : Sekarang beralih ke perangkat lunak editor yang berbasis open source, contohnya adalah GIMP, InkSpace, Digikam dan lainnya. 
  • Office editor : Sekarang adalah software yang sering kita gunakan sehari-hari yaitu office. Kalian pasti hanya mengenal microsoft office namun microsoft office bukanlah salah satu office editor yang berbasis open source, office yang berbasis open source adalah LibreOffice dan OpenOffice. 
  • Sistem operasi smartphone : Kalian pasti baru mengetahui bahwa sistem operasi smartphone pun ada yang berbasis open source. Contohnya adalah android, dan Firefox OS. Ios tidak termasuk kedalam open source karena ia dilindungi oleh sebuah lisensi perusahaan Apple. 

Mungkin selesai sudah pembahasan kita tentang pengertian open source beserta contohnya. Terimakasih telah mengunjungi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel