Pengertian driver, fungsi driver dan jenis-jenis driver

Pengertian driver, fungsi driver dan jenis-jenis driver


Mungkin banyak dari kalian yang pernah mendengar apa itu driver dan fungsinya untuk apa pada komputer? Nah postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang driver. Disimak baik baik ya. 

A. Pengertian driver pada komputer


Driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tetapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.

Perlu diketahui juga perangkat keras komputer umumnya membutuhkan abstraksi. Perangkat yang sama saja mungkin dapat berbeda. Para pembuat perangkat keras merilis model-model baru yang menyediakan reliabilitas yang lebih baik atau performa yang lebih tinggi. Model baru tersebut seringnya dikontrol secara berbeda dari model yang sebelumnya. Komputer dan sistem operasi komputer tidak dapat diharapkan untuk mengetahui bagaimana cara kerja perangkat tersebut, apalagi jika memang terdapat banyak perangkat, baik itu untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang. 
Untuk menyelesaikan masalah seperti ini, sistem operasi pun membuat sebuah spesifikasi tentang bagaimana setiap perangkat dapat diatur oleh sistem operasi. Device driver, dibuat dengan tujuan untuk mentranslasikan fungsi-fungsi sistem operasi ke dalam perintah yang dimiliki oleh perangkat yang bersangkutan. Secara teoritis, sebuah perangkat yang baru, yang umumnya dikontrol dengan menggunakan cara yang baru dapat bekerja dengan normal jika memang terdapat device driver yang cocok. Driver yang baru ini akan menjamin bahwa perangkat yang bersangkutan dapat beroperasi seperti biasa dari sudut pandang sistem operasi.



B. Fungsi driver komputer


Dalam dunia komputer driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan sistem operasi, perlu diketahui setiap perangkat keras di komputer berbicara /bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri (tindak menggunakan command yang distandarkan).sedangkan semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi dengan sistem operasi agar perangkat bisa digunakan. untuk itulah driver diperlukan sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. misalnya kita ngetik menggunakan keyboard sebagai input dan menggunakan software ms.word  kemudian  untuk mencetak tulisan yang ada di ms.word kita menggunakan printer. agar ketukan keyboard muncul di aplikasi ms.word sebuah driver keyboard harus diinstall agar ms.word bisa mengerti apa yang diketikan keyboard. dan untuk bisa mencetak ke printer sebuah driver printer diperlukan agar printer mengerti apa yang diperintahkan oleh ms.word agar printer mencetak data sesuai tampilan di layar ms.word.

Fungsi utama driver komputer adalah menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware  dengan sistem operasi atau aplikasi. Pembuat aplikasi dapat mengontrol hardware dengan mudah  cukup dengan mengimplementasikan API(Application programming interface) yang disediakan driver dengan  bahasa program yang lebih tinggi .
sebagai contoh : ketika program komputer dengan bahasa tinggi (High Level Language proggramming) untuk mengontrol sebuah serial port maka cukup dengan menggunakan fungsi “Send data” untuk mengirim informasi dan “Receive Data” untuk menerima informasi.ini sangat berbeda dengan bahasa/command yang sesungguhnya digunakan oleh serial port tersebut. 

C. Jenis-jenis driver komputer


Driver komputer memiliki beberapa tipe jenis masing masing, seperti dibawah ini. 
  • Driver audio : komponen yang berhubungan dengan audio atau suara
  • Driver Bios : komponen yang berhubungan dengan motherboard
  • Driver Chipset : komponen yang berhubungan dengan komponen chip pada motherboard
  • Driver Graphics : komponen yang berhubungan dengan visual
  • Driver Keyboard : komponen yang berhubungan dengan keyboard
  • Driver Mouse : komponen yang berhubungan dengan mouse
  • Driver Storage : komponen yang berhubungan dengan alat penyimpan data
  • Driver Webcam : komponen yang berhubungan dengan kamera
  • Driver Network : komponen yang berhubungan dengan jaringan.

Kesimpulan

Jadi Kesimpulan yang kita dapat dari artikel mengenai Pengertian driver, fungsi driver dan jenis-jenis driver adalah semua komputer pastilah harus memiliki driver karena dilihat dari pengertian driver saja adalah komponen perangkat lunak yang mengizinkan suatu komputer melakukan komunikasi terhadap perangkat keras. Jadi jika kita menginginkan perangkat keras bekerja secara maksimal maka kalian harus memiliki driver terlebih dahulu.


Nah mungkin cukup sekian postingan saya pada kali ini mengenai Pengertian Driver, Fungsi Driver dan Jenis-jenis driver.  semoga bisa bermanfaat. Terimakasih atas perhatiannya. 

0 Response to "Pengertian driver, fungsi driver dan jenis-jenis driver"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel