Pengertian router dan fungsi router lengkap

Pengertian router dan fungsi router lengkap


Pengertian router dan fungsi router lengkap

Mungkin banyak dari kalian belum memgetahui apa itu router, apalagi kalian yang baru bergelut dengan dunia jaringan. Seperti SMK seperti saya, yang harus dituntut untuk mengetahui pengertian router dan fungsi router.  Langsung saja untuk kalian yang belum tau apa itu router maka saya akan menjelaskan sedikit dalam artikel ini. Tolong disimak baik baik.

Pengertian router


Pengertian routerRouter adalah salah satu hardware atau perangkat keras yang berkaitan dengan jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan antar jaringan yang sama maupun jaringan yang berbeda. Istilah lain, router adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet supaya dapat menuju ke tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

Routing adalah proses yang terjadi pada saat pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lain yang terjadi pada lapisan ke 3 dari stack protokol tujuh lapis OSI. OSI sendiri merupakan kepanjangan dari Open System Interconnection.

Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN. Sebagai ilustrasi dari perbedaan antara router dan switch. Switch merupakan suatu jalanan dan router merupakan penghubung antar jalanan tersebut. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat dimana masing-masing alat memiliki IP sendiri pada sebuah LAN.

Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga IP Router. Selain IP router ada lagi AppleTalk Router dan masih ada beberapa jenis router yang lainnya. Internet merupakan contoh utama dari jaringan yang memiliki banyak router IP.

Router dapat digunakan oleh banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang biasa disebut internetwork atau membagi jaringan besar kedalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan mempermudah manajemennya. Router juga kadang berguna untuk menghubungkan antar dua jaringan yang memiliki media transmisi yang berbeda (seperti halnya router wireless tidak hanya dapat terhubung melalui gelombang radio, namun bisa juga terhubung melalui kabel UTP) atau berbeda arsitektur jaringan seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah jaringan Telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1 atau T3 sering disebut sebagai Network access server.

Fungsi router

Fungsi router. Fungsi router adalah menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Sedangkan fungsi utama router adalah untuk membagi atau mendistribusikan ip address baik itu secara statis maupun DHCP (dynamic host configuration protocol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya ip address maka komputer yang terhubung dengan router dapat berkomunikasi dengan komputer lain dan juga bisa terhubung dengan Internet.

Seiring kemajuan teknologi, router pun sekarang sudah lebih canggih dan modern, router saat ini telah dibekali dengan fitur baru yaitu wireless. Wireless sendiri adalah jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi melainkan menggunakan gelombong elektromagnetik. Sehingga komputer lain bisa terhubung tanpa harus menggunakan kabel.

Jenis router dalam jaringan komputer


Ada dua jenis router yang digunakan dalam Jaringan komputer (baca juga Jaringan komputer yang harus kalian ketahui).
  1. Router statis adalah router yang di atur secara manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis. 
  2. Router dinamis adalah router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan router lainnya.

Cara kerja Router

Pengertian router dan fungsi router


Cara kerja router sangat lah sederhana, router hanya menghubungkan antar 2 jaringan yang berbeda.
Misal jaringan 1 berada di port 1 memiliki IP 192.168.1.0 dan IP sebuah komputer dalam jaringan tersebut adalah 192.168.1.1 dan jaringan 2 yang berada di port 2 dengan IP 192.168.2.0 dengan sebuah komputer yang berada di jaringan tersebut memiliki IP 192.16.2.1.
Jika komputer jaringan 1 ingin mengirim data atau informasi ke komputer jaringan 2 maka router lah yang akan menghubungkan kedua komputer tersebut. Dan akhirnya komputer jaringan 2 pun bisa mendapat data yang dikirim dari komputer jaringan 2.

Mungkin cukup sekian postingan saya tentang pengertian router dan fungsi router lengkap. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pengertian router dan fungsi router lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel