Komponen komputer beserta fungsinya

Komponen komputer beserta fungsinya


Komponen komputer

Pengenalan


Komputer adalah salah satu alat elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Komputer telah merambah disegala aspek kehidupan, mulai dari perhitungan, pengetikan maupun untuk mengoperasikan suatu mesin juga bisa menggunakan komputer. Jadi komputer sendiri memiliki arti penting dalam kehidupan.
Komputer merupakan bagian utuh dari suatu komponen yang membangun komputer tersebut. Komputer terdiri dari beberapa komponen atau perangkat keras yang membangun suatu komputer secara keseluruhan. Jika satu komponen saja tidak terdapat didalam suatu komputer maka komputer itu belum sempurna. Nah kali ini admin komputer 38 akan menjelaskan beberapa komponen penting dalam komputer beserta dengan fungsinya masing masing.

Motherboard

Komponen komputer


Motherboard adalah komponen komputer yang berfungsi guna menancapkan komponen komputer yang lainnya, seperti RAM, hardisk, video card, sound card dan komponen lainnya. Motherboard berfungsi untuk mengubungkan antara komponen satu dengan komponen yang lain agar saling bisa berkomunikasi.  Motherboard juga memiliki spesifikasinya masing masing, misal untuk maksimal RAM bisa terpasang adalah 4GB maupun 8GB setiap motherboard memiliki kapasitas yang berbeda. 

Prosesor

Komponen komputer


Komputer jika diibaratkan manusia, prosesor adalah otak dari manusia. Fungsi dari prosesor adalah untuk mengendalikan atau mengeksekusi suatu perintah, atau melakukan suatu perhitungan. Jika kalian ingin membeli prosesor pastikan kalian mengecek socket motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775 atau yang lainnya. 

RAM

Komponen komputer


RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory yaitu komponen komputer yang berfungsi menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang dijalankan dan data data tersebut dapat diakses secara acak atau random. 
Nah sebelum kalian membeli RAM pastikan kalian mengecek dahulu slot RAM apa yang dimiliki motherboard kalian, apakah slot SDRAM, DDR, DDR2 atau lain sebagainya. 

Sound card



Sound card adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan suara port input ataupun output. Sound card biasanya telah disediakan on board di motherboard pasaran, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sound card ini. 

Hard Disk



Hard Disk adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data. Ukuran harddisk pun beragam. Semakin besar kapasitas harddisk semakin banyak pula data yang bisa disimpan. 

Monitor



Monitor adalah komponen yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di output dari video card. Monitor yang tersedia dipasaran adalah monitor CRT atau biasa disebut monitor tabung dan juga monitor LCD. Namun kini kebanyakan orang memilih monitor LCD dengan alasan yang hemat tempat dan hemat listrik. 

Video card



Video card adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada monitor. Sebelum membeli video card kalian harus memperhatikan slot dari video card yang ada di motherboard, misalnya PCI, AGP, PCI Express. 

Keyboard

Komponen komputer


Keyboard adalah komponen inputan komputer yang berfungsi untuk mengetikan sesuatu. Saat ini keyboard juga mulai ada beberapa macam, misal keyboard mini, keyboard wireless yang hanya menggunakan bluetooth,  keyboard fleksibel dan keyboard yang lain. 

Mouse

Komponen komputer


Mouse adalah komponen inputan komputer yang berfungsi untuk menggerakan kursor pada monitor dan untuk klik program yang ingin dipilih. Mouse juga terdiri dari berbagai macam, misalnya mouse standar, mouse gaming, dan mouse wireless yang digunakan menggunakan bluetooth. 

Fan

Komponen komputer


Fan (kipas) adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai cooling system atau pendingin sistem, kipas mencegah komputer dari over heating dan supaya komponen yang lain tidak terjadi kerusakan. Jadi fan ini sangat berguna bagi komputer kalian. 

Power Supply 

Komponen komputer


Power supply adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai power atau tenaga untuk mengidupkan semua komponen yang lain atau mengalirkan aliran listrik ke komponen komputer sehingga komputer dapat menyala dengan baik. Jika power supply rusak maka komponen yang lain tidak akan berjalan, karena tidak dialiri listrik. 

Casing

Komponen komputer


Casing adalah wadah atau tempat dari motherboard, fan, power supply, prosesor, r
RAM dan sebagainya agar dapat memudahkan kalian. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukuran, atau biasa disebut form factor. Dimana form factor mengacu pada motherboard yang di dukungnya.

Cukup sekian postingan saya tentang komponen komponen komputer atau perangkat keras komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel