Perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0

Penjelasan Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 Secara Ringkas

Hai Selamat Datang kembali di blog Komputer 38.
Nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas sebuah informasi yamng mungkin harus diketahui oleh banyak orang, Saya akan membahas Perbedaan antara USB 2.0 dan 3.0. Perlu kalian ketahui bahwa USB merupakan kepanjangan dari Universal Serial Bus yang dimana USB ini memiliki tipe yang berbeda-beda seperti halnya USB 2.0 dan USB 3.0 yang akan kita bahas kali ini.

Mari kita bahas sebentar mengenai pengertian dari USB atau Universal Serial Bus secara ringkas terlebih dahulu agar kita juga mengetahui apa itu USB sebelum kita menginjak ketopik yang utama.

Pengertian USB (Universal Serial Bus)

USB merupakan standar bus serial yang berfungsi menjadi penghubung biasanya kepada komputer maupun kepada hardware yang lain seperti console game sekarang juga banyak menggunakan USB ini. Atau yang biasa kita temui yaitu media penyimpanan Flashdisk juga menggunakan USB sebagai penghubungnya.

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

Perbedaan usb2.0 dan usb3.0
perbedaan usb 2.0 dan usb 3.0

Jika kalian melihat gambar diatas, sekilas tidak ada perbedaan antara kedua USB tersebut, termasuk besar dan lebarnya pun sama yang membedakannya hanyalah bantalan yang berada didalam USB tersebut. USB 2.0 memiliki bantalan yang berwarna putih dan USB 3.0 memiliki bantalan berwarna biru. Namun bukan bantalan yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini. 

Kita akan melihat pandangan secara umum. Jika kita akan bedakan sebuah merek dengan tipe yang berbeda pastilah kita akan membedakan dari segi kualitasnya. Nah kalian juga akan paham mana yang memiliki kualitas paling bagus diantara USB 2.0 dengan USB 3.0. Pastilah USB 3.0 yang memiliki kualitas paling bagus daripada USB 2.0. 


Kualitas dari USB 3.0 sendiri dilihat dari kecepatan pada saat kita melakukan transfer data. USB 3.0 ini memiliki rata-rata kecepatan transfer data 5 sampai 10 kali lipat lebih cepat dibanding dengan kecepatan dari USB 2.0. Kecepatan transfer data dari USB 3.0 ini jika kita ubah menjadi satuan maka kecepatan dari USB 3.0 adalah memiliki kecepatan sekitar 4.8Gb/ alasan mengapa USB3.0 ini lebih cepat karena USB 3.0 ini telah menggunakan teknologi full duplex atau transfer data dua arah sehingga USB 3.0 ini dapat membaca (read) dan menulis (write) secara dinamis dan simultan (dilakukakn secara bersamaan).

USB 3.0 juga telah mendukung fitur idle, suspend dan sleep sehingga ia dapat menjaga performanya dan powernya agar tetap baik. Karena adanya fitur tersebut USB3.0 ini memiliki kelebihan lain yaitu dapat menghemat listrik karena tegangan listrik yang awalnya 4.4v dan 4v ini dikompres dan hanya menyisakan 150mA.

Nah kita tidak hanya membahas kelebihan dari USB3.0 saja, melainkan kita juga membahas USB2.0 juga. Dari kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh USB3.0 diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan dari USB2.0 dan USB3.0 sudah sangat jelas perbedaanya.

 Namun pembahasan kita belum selesai karena USB 2.0 juga memiliki kelebihan yaitu dalam hal penyambungan  perangkat ke komputer atau device yang lain. USB2.0 dapat disambungkan ke port USB3.0 namun tidak sebaliknya USB3.0 tidak bisa disambungkan ke-port USB2.0. Kita ambil contoh saja ketika kita memiliki sebuah flashdisk dan flashdisk tersebut memiliki USB yang bertipe 2.0, nah pada saat kita akan memasukan flashdisk tersebut kedalam port USB komputer, ternyata port USB komputer tersebut diperuntukan untuk USB3.0 namun flashdisk yang memiliki USB2.0 itu tetap dapat masuk dan flashdisk tersebut dapat terdeteksi oleh komputer.


Tetapi tidak sebaliknya, jika kita memiliki flashdisk yang USBnya bertipe 3.0 namun port USB yang ada pada komputer hanya ada untuk USB2.0 maka jika kita memaksakan flashdisk tersebut masuk maka hasilnya flashdisk tidak akan bisa terdeteksi.
Selain masalah penyambungan, USB3.0 juga memiliki kekurangan-kekurangan yang tentunya akan menjadi kelebihan bagi USB2.0 . Kekuranganya USB3.0 adalah
  • USB3.0 tidak didukung oleh Sistem Operasi Windows XP, Hanya didukung oleh Windows 7 keatas dan juga Linux.
  • Panjang kabel yang dimiliki USB3.0 maksimal adalah 3meter berbeda dengan USb2.0 yang bisa mencapai panjang 5meter. Walaupun kekurangan ini bisa kita atasi dengan menambahkan USB HUB.
  • Kecepatan pengiriman data tidak bisa optimal  dibeberapa piranti. Contohnya adalah piranti harddsik piringan yang dimana kecepatannya dibatasi oleh piringan harddisk tersebut.

Kesimpulan 

Perbedaan antara USB2.0 dan 3.0 tidaklah begitu signifikan karena biasanya sebuah komputer pastilah memilik port USB2.0 dan juga 3.0 maka dari kita tidak usah khawatir tentang permasalahan kedua USB tersebut karena kita bisa memakai port USB sesuai dengan tipe USB yang diingankan.


Sekian Sudah pertemuan kali ini yang membhas tentang Perbedaan antara USB2.0 dan USB3.0.  Semoga dari penjelasan diatas kita bisa mengetahui perbedaan dari keduanya.

0 Response to "Perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel